Minggu, 31 Maret 2013

TUGAS Softskill kewarganegaraan


MAKALAH WAWASAN NUSANTARA
Nama    : Gilang Ragil Febrianto
Kelas     : 2EA25
Npm      : 13211062



LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA DI MASYARAKAT INDONESIA SEKARANG
PENDAHULUAN

1.LATAR BELAKANG
Indonesia dalah negara yang sedang berkembang di tengah kemajemukan masyarakat dan ketimpangan ekonomi yang sangat mencolok. Ditengah keadaan yang seperti itu tersimpan sebuah masalah hukum yang tidak lazim,para founding father negara ini mungkin akan menangis apabila melihat indonesia yang dulu di perjuangkannya seperti ini,masalah sosial,ketimpangan hukum,dan kesenjangan ekonomi yang sangat terlihat di negeri yang katanya di sebar benih tumbuh tanaman.

2.RUMUSAN MASALAH
Lunturnya nilai pancasila di mata masyarakat indonesia

3.TUJUAN
mengetahui faktor apa saja yang membuat masyarakat indonesia ini sudah tidak berpedoman pada pancasila.





ISI

Saya pernah melihat dulu sekali iklan sebuah partai yang menumandangkan slogan anti korupsi,dimana modelnya adalah kader-kader partai itu sendiri,tapi nyatanya yang terjadi sekarang salah satu dari model di iklan itu tersangkut kasus korupsi,saya sudah tidak perlu menyebutkan namanya lagi,partai itu yang sekarang sedang merasakan kursi pemerintahan saat ini,betapa mirisnya negeri ini. Waktu kecil ketika saya masuk sekolah dasar saya diajarkan pancasila yang berbunyi:
1 ketuhanan yang maha esa
Bagaimana mau percaya kepada tuhan,tapi baru baru ini santer terdengar bahwa di media banyak artis,tokoh,dan kalangan masyarakat lainnya lebih percaya kepada paranormal, yang secara derajat kehidupan pun sama dengan kita semua,intinya lebih percaya pada dukun,kuburan,sumur,dan masih banyak tempat ritual lainnya.
2 kemanusiaan yang adil dan beradad
Akhir-akhir ini banyak orang yang sering main hakim sendiri,seperti contoh di makasar para mahasiswa yang sedang mengadakan pemilihan senat malah di warnai dengan keributan yang saling baku hantam ke sesama mahasiswanya.
3 persatuan indonesia
Bagaimana bisa bersatu kalau pada akhir-akhir ini anggota TNI dan POLISI saja berseteru,yang dimana sebuah polsek di suatu daerah di serang oleh belasan anggota TNI,dikarenakan ada anggota TNI yang di tahan oleh POLISI,dan kasusnya sengaja di ulur-ulur dan terbengkalai.
4 kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Bagaimana akan bijaksana jika wakil rakyatnya saja masih banyak yang korupsi,tersebarnya foto-foto syur di media,kerjanya hanya tidur. Masa rakyat mempercayai wakil-wakilnya yang seperti itu?
5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
Pernahkah saat sekarang ini kita temui keadilan yang benar-benar adil di indonesian ini?????
Contoh kasus nenek minah vs rasyid rajasa,nenek minah yang hanya mengambil 3 buah kakao di ancam hukuman maksimal 5 tahun penjara,padahal kakao itu bukan diambil dari pohonnya langsung,melainkan kakao yang sudah jatuh ke tanah dan berada di luar wilayah perkebunan kakao itu.sedangkan rasyid rajasa anak dari menteri perekonomian hatta rajasa yang notabennya besan dari presiden SBY,rasyid yang menjadi terdakwa kasus kecelakaan maut di tol jagorawi menabrak sebuah mini bus yang menewaskan dua orang dan tiga orang terluka parah hanya di bebaskan saja,dengan  di vonis hukuman 5 bulan penjara dan denda 12 juta dengan masa percobaan 6 bulan. Ini dilakukan karena rasyid di nilai bertanggung jawab terhadap para korban.
PENUTUP

Setelah melihat contoh kasus di atas kita dapat menyimpulkan bahwa indonesia ini masih belum bisa berpedoman pada dasar negaranya sendiri yaitu PANCASILA. Masih banyak para petinggi petinggi di negara ini yang berkuasa dan jika melakukan salah tak ada yang namanya keadilan,apakah orang miskin tidak boleh melakukan kesalahan? apakah hanya orang kaya yang boleh melakukan kesalahan? tanya kenapa?????????????


Tidak ada komentar:

Posting Komentar