Minggu, 06 April 2014

tugas softskill




PENGARUH FASILITAS DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN











PROGRAM SARJANA MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan proposal Penulisan Ilmiah  ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. Proposal ini di buat untuk mengajukan Penulisan Ilmiah.
Proposal ini berisikan tentang pengaruh fasilitas dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Dalam penyusunan proposal Penulisan Ilmiah ini tidak lepas dari dari bantuan banyak pihak, maka pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada sumber – sumber yang saya dapat dari internet yang dapat saya jadikan referensi dalam proposal Penulisan Ilmiah ini.

Saya  menyadari bahwa proposal Penulisan Ilmiah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan proposal Penulisan Ilmiah ini. Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  dalam penyusunan proposal Penulisan Ilmiah  ini dari awal sampai akhir.















BAB 1

1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam suatu pencapaian tujuan perusahaan, diperlukan alat atau sarana pendukung yang digunakan dalam aktivitas sehari – hari di perusahaan tersebut, fasilitas yang digunakan bermacam – macam bentuk, jenis maupun manfaatnya, disesuaikan dengan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan, kata fasilitas sendiri berasal dari bahasa belanda “faciliteit” yang artinya prasarana atau wahana untuk melakukan atau mempermudah sesuatu. Fasilitas juga biasanya dianggap suatu alat.
Secara psikologis menunjukkan bahwa kegairahan semangat seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya sangat dipenuhi oleh motivasi kerja yang mendorongnya. Tegasnya, setiap karyawan memerlukan motivasi yang kuat agar bersedia melaksanakan pekerjaannya secara bersemangat, bergairah, dan berdedikasi (Nawawi, 1997:356). Persoalannya adalah bagaimanakah pengaruh kepuasan dan motivasi terhadap produktivitas kerja seseorang.
Pada dasarnya peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat diperlukan guna mewujudkan hasil yang diharapkan oleh suatu instansi / perusahaan, yang dapat mendukung untuk lebih berpotensi dalam keberhasilan pencapaian tujuan perusahaan.
Berdasarkan latar belakang tersebut yang telah diuraikan diatas, maka penulis mengambil judul “Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan”.









1.2  BATASAN MASALAH

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer, yang di peroleh dengan cara menyebarkan quisioner secara langsung.


1.3 PERUMUSAN MASALAH
Dalam penelitian ini penulis mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk pertanyaan:
1.      Bagaimanakah pengaruh fasilitas terhadap produktivitas kerja karyawan?
2.      Bagaimanakah pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan ?
3.      Bagaimanakah pengaruh fasilitas dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja karyawan?

1.4 TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.      Menganalisis pengaruh fasilitas terhadap produktivitas kerja karyawan.
2.      Menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan.
3.      Menganalisis pengaruh fasilitas dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja karyawan.

1.5 MANFAAT PENELITIAN
            Penelitian yang penulis lakukan ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis
      sendiri, maupun bagi para pembaca atau pihak-pihak lain yang berkepentingan.
1.      Manfaat untuk Lembaga atau Instansi yang bersangkutan
Mengetahui cara penilaian tentang pengaruh fasilitas yang dilakukan dan pengaruhnya terhadap motivasi kerja yang berhubungan tentang produktivitas kerja karyawan.
2.      Manfaat untuk ilmu
Mengetahui cara pengaruh fasilitas dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dalam mencapai suatu tujuan.


3.       Manfaat bagi penulis
Mengetahui pengaruh fasilitas dan motivasi kerja yang dilakukan yang berhubungan dengan produktivitas kerja karyawan.





  1.6 . KERANGKA PENELITIAN
               

Fasilitas  
    (X1)
Motivasi kerja
(X2)
Produktivitas Kerja Karyawan
(Y)

(Y)
(X)
 













          Berdasarkan kerangka piker penelitian yang telah diuraikan maka dirumuskan penelitian
          hipotesis adalah sebagai berikut:
-           Pengaruh fasilitas (X1) terhadap produktivitas kerja karyawan (Y)
-           Pengaruh motivasi kerja (X2) terhadap produktivitas kerja karyawan (Y)

1.7. SISTEMATIKA PENELITIAN

1.      BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, kerangka penelitian dan sistematika penulisan. Dimana pada bab ini mengungkapkan sejarah atau latar belakang dan segala seluk-beluk persoalan yang berkaitan dengan masalah, baik teoritis maupun gejala empiris yang menjelaskan mengapa masalah itu perlu diteliti.
2.      BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan secara singkat mengenai landasan-landasan teori mengenai fasilitas,motivasi kerja dan produktivitas kerja karyawan. Serta cara – cara mengembangkan fasilitas dan motivasi kerja yang tepat dapat menumbuhkan produktivitas kerja pada karyawannya. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan dan hasil - hasil penelitian yang pernah  dilakukan pada permasalahan yang sama atau relevan. Kajian pustaka penting untuk mengetahui bagaimana hubungan antara penelitian yang akan dilakukan dengan penelitian  yang sudah ada dan dapat mengetahui perbedaan untuk menghindari duplikasi.

3.      BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisi tentang metodologi yang digunakan penulis dalam penelitian ini. Menguraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara sistematis dalam rangka menjawab tujuan penelitian. Dalam metode penelitian mencakup : subyek penelitian, waktu dan tempat penelitian, pendekatan dan metode penelitian yang digunakan, teknik pengumpulan data, teknik analisa data, dan jenis - jenis instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data.

4.      BAB IV : HASIL PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang hasil dan pembahasan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis. Dalam hal ini menguraikan tentang fasilitas,motivasi kerja dan produktivitas kerja karyawan. Serta cara – cara mengembangkan fasilitas dan motivasi kerja yang tepat dapat menumbuhkan produktivitas kerja pada karyawan.

5.      BAB V : PENUTUP
Bab ini berisi tentang uraian mengenai kesimpulan dari masalah yang diperoleh selama
penulisan ilmiah ini dan saran-saran untuk penyempurnaan dan pengembangan penulisan ilmiah yang dilakukan oleh penulis.



DAFTAR PUSTAKA
1.      PENGARUH FASILITAS DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
           TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN STUDI KASUS PTPN II
           KEBUN SAMPALI MEDAN (Cut Ermiati / 2010)
2.      PENGARUH KEPUASAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN RIYADI PALACE HOTEL DI SURAKARTA (Edhi Prasetyo dan M. Wahyuddin / 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar